Hosting Unlimited Indonesia
Home » » Penjelasan Lengkap Definisi Memory Matrix

Penjelasan Lengkap Definisi Memory Matrix

contoh iklan

A.    DESKRIPSI

Memory Matrik merupakan salah satu strategi pembelajaran, dimana strategi mempunyai pengertian suatu garis besarhaluan untuk bertindak dalam usaha pencapaian sasaran yang telahditentukan. Jika dihubungkan dengan belajar mengajar, strategi bisa diartikansebagai pola-pola umum kegiatan guru dan anak didik dalam perwujudankegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan.

Matrix adalah sebuah istilah yang berasal dari matematika yang dideskripsikan berupa kolom-kolom atau baris-baris. Dan secara istilah matrix mempunyai pengertian data yang tersusun dalam bentuk baris dan kolom, dan data yang saling berkaitan satu dengan lainnya.
Sedangkan ingatan atau memory adalah gejala psikologi yang berhubungan dengan masa lampau, berhubungan dengan yang pernah dialami dan diamati. Ingatan juga meliputi kemampuan untuk menerima (encoding), menyimpan atau perekaman (remembering/retrieval) kembali stimulus yang pernah dialami dan diamati. Oleh karenanya maka didefinisi dari ingatan (memory) adalah kekuatan jiwa untuk menerima, menyimpan dan mereproduksi kesan-kesan yang lampau.
Strategi matriks ingatan juga bisa dideskripsikan sebagai strategi yang berbentuk Matrix yang terdiri dari baris-baris dan kolom-kolom kosong atau satu kolom yang telah diisi untuk mengevaluasi kekuatan daya ingat peserta didik akan materi pelajaran atau perkuliahan yang penting dan berhubungan antar materi serta menilai kecakapan peserta didik mengorganisir informasi ke dalam kategori-kategori tertentu.
Dari pengertian atau deskripsi tersebut dapat diketahui bahwa strategi ini merupakan salah satu strategi pembelajaran aktif juga pengevaluasian daya serap siswa serta kemampuan siswa, dalam keaktifannya untuk mengorganisasi materi dan memahaminya agar mudah dihafal atau diingat.

B.    CIRI-CIRI STRATEGI MATRIX INGATAN

a. Proses pembelajaran strategi Matrix ingatan menekankan pada proses
afektif, kognitif dan psikomotor. Bukan model pembelajaran yang hanyamenekankan pada satu aspek saja. Proses afektif, kognitif dan psikomotordi implementasikan dalam strategi pembelajaran guna untuk mencapaitujuan pembelajaran sebagai satu kesatuan untuk memperoleh penguasaan.
b. Strategi Matrix ingatan sangat cocok digunakan untuk berpikir sederhana,seperti mengingat dan menghafal fakta-fakta serta definisi.
c. Strategi Matrix ingatan dibangun dalam nuansa pembelajaran aktif, yaitubelajar dengan beraktivitas, mengkaji gagasan, memecahkan masalah danmenerapkan apa yang mereka pelajari.
d. Strategi Matrix ingatan biasa digunakan untuk mengulangi materipelajaran yang bersifat faktual untuk keseluruhan materi pelajaran.
e. Strategi Matrix ingatan adalah strategi pembelajaran yang bersandar
kepada 2 sisi yaitu proses dan hasil belajar. Proses belajar diarahkan untukmeningkatkan kemampuan mengingat atau menghafal, sedangkan sisihasil diarahkan untuk mengkonstruksi pengetahuan atau penguasaanmateri untuk kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

C.    LANGKAH-LANGKAH
1.    Pertama, dosen membuat satu metrix kosong yang terdiri kolom-kolom dan baris-baris,
2.    Kemudian, isilah ruang yang kosong dengan fakta-fakta yang berhubungan dengan meteri kuliah yang relevan,
3.    Pastikan kesesuaian atau keserasian antara judul, kolom dengan judul baris,
4.    Mintalah mahasiswa mengisi kolom-kolom yang kosong sesuai dengan judul kolom dan judul baris,
5.    Setelah selesai di isi mahasiswa kumpulkan metrix itu dan anda siap untuk mengoreksi hasil kerja mahasiswa. 

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN 
1)  Meningkatkan kecakapan menghapal, 
2) Meningkatkan kecakapan membaca,mengembangkan kecakapan belajar, strategi dan kebiasaan,
3) Mempelajari terma-terma dan fakta-fakta ilmu pengetahuan,
4) Mempelajari konsep-konsep dan teori-teori ilmu pengetahuan

E.    KELEBIHAN DAN KELEMAHAN
a. Kelebihan
Keunggulan strategi Matrix ingatan adalah:
1) Meningkatkan kemampuan mengorganisasi materi
2) Meningkatkan kecakapan membaca
3) Mengembangkan kecakapan belajar, strategi dan kebiasaan.
4) Meningkatkan kecakapan menghafal
5) Dengan meningkatnya kemampuan mengidentifikasi dan
mengklasifikasikan materi maka akan lebih mudah bagi anak didikuntuk memahami isi pelajaran.
6) Meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar
7) Membantu siswa mentransfer pengetahuan mereka untuk diamalkandalam kehidupan sehari-hari.
b. Kelemahan
Kelemahan strategi Matrix ingatan adalah:
1)    Strategi ini akan menjadi sangat tidak efektif jika tidak digunakanpada materi yang sesuai.
2)    Keberhasilan strategi pembelajaran Matrix ingatan harus didukung oleh keaktifan siswa.
3)    Strategi pembelajaran ini hanya mungkin dapat dilakukan terhadapsiswa yang memiliki kemampuan fisik secara sempurna. Karenamemerlukan proses membaca, mengingat memahami dan menghafal.

F.    SARAN-SARAN

1.    Strategi ini sangat cocok untuk berfikir sederhana, seperti mengingat dan meghafal fakta-fakta, rukun-rukun.
2.    Strategi ini sangat cocok untuk menghafal definisi-definisi.
3.    Strategi ini juga dapat dikerjakan secara berpasangan atau kelompok kecil.
4.    Strategi ini cocok untuk mengulangi materi perkuliahan yang bersifat faktual untuk keseluruhan materi perkuliahan.

Referensi:
Hisyam Z, Bermawhy. M, Sekar Ayu. A. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD,
2008. hal. 136.

contoh iklan

1 komentar: