Artikel ini akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan metode pembelajaran inquiri berorientasi discovery. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca.
Menurut Dahar yang dikutip oleh Hamdani, menyatakan beberapa kelebihan pembelajaran inquiry berorientasi Discovery diantaranya:
Kelemahan Metode Pembelajaran Inquiri Beriorientasi Discovery
Hanafiah dan Suhana memberikan pendapat mengenai kelemahan Inquiri Beriorientasi Discovery diantaranya:
Referensi
Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: refika Aditama
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Iru, La dan La Ode Safiun Arihi. 2012. Analisis Pendekatan, Metode,Strategi, dan Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Persindo
- Pengetahuan yang diperoleh menggunakan teknik inquiri akan lebih lama diingat dalam jangka waktu yang lama dibandingkan dengan pengetahuan yang diperoleh dengan teknik lain
- Efek transfer akan menjadi lebih baik yang tentunya mempengaruhi hasil belajar. Artinya beberapa konsep dan prinsip akan lebih mudah diterapkan pada situasi baru
- Meningkatkan penalaran dan kemampuan untuk berpikir secara bebas
- Mampu mengembangkan keterampilan guna memecahkan permasalahan yang dialami serta mengambil keputusan secara objektif dan mandiri
- Untuk mengembangkan berpikir siswa dan serta dapat meningkatkan potensi kognitif siswa
- Meningkatkan rasa ingin tahu siswa dan cara berpikir secara objektif, mandiri, kritis, logis dan analitis baik secara mandiri ataupun kelompok
- Untuk meningkatkan kemampuan mengurai kembali informasi dari pengalaman belajar yang dapat digunakan dalam menghadapi permasalahan kehidupan sehari-hari.
- Membangun komitmen siswa dalam hal belajar yang dicerminkan dengan keterkaitan, kesungguhan dan loyalitas terhadap menemukan suatu informasi dalam pembelajaran
- Membangun siap aktif, kreatif dan inovatif dalam pembelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran
- Membangun sikap percaya diri dan terbuka dalam hal hasil penemuannya
Kelemahan Metode Pembelajaran Inquiri Beriorientasi Discovery
Hanafiah dan Suhana memberikan pendapat mengenai kelemahan Inquiri Beriorientasi Discovery diantaranya:
- Siswa harus mempunyai kesiapan dan kematangan mental, sehingga siswa harus mampu berani dan berniatan untuk mengetahui keadaan sekitar
- Keadaan kelas yang harus kondusif yang bisa ditinjau dari jumlah siswa dalam suatu kelas
- Guru dan siswa yang sudah terbiasa dengan pembelajaran menggunakan metode lama sehingga menyulitkan penerapan inquiri berorientasi Discovery
Referensi
Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: refika Aditama
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Iru, La dan La Ode Safiun Arihi. 2012. Analisis Pendekatan, Metode,Strategi, dan Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Persindo
0 komentar:
Posting Komentar